Kisah Inspiratif Pengusaha Sukses Indonesia

Belakangan ini banyak orang juga mulai beralih dan juga mulai melirik dunia usaha ketimbang menjadi seorang karyawan sebuah perusahan. Kesuksesan finansial yang bisa diperoleh dari membangun sebuah usaha sendiri mendorong sebagian orang untuk dapat memilih memulai usaha mereka sendiri. Banyak kisah sukses dari para pengusaha yang sukses di mulai dari nol dan tentunya kesuksesan mereka tersebut harus melewati sebuah jalan yang cukup panjang dan juga berliku, sebelum akhirnya mereka dapat meraih sebuah kesuksesan, yang kemudian mereka bisa menjadi salah satu inspirasi bagi anda yang ingin menjelajahi dunia wirausaha. Banyak sekali para pengusaha, khususnya yang berasal dari Indonesia yang memang memulai usaha mereka dari nol tanpa adanya bantuan.

Kisah Inspiratif Pengusaha Sukses Indonesia

Saat ini, banyak orang yang persepsi jika ingin membangun sebuah bisnis yang sukses tentunya harus memiliki modal yang besar. Banyak orang yang mengatakan bahwa keuangan adalah salah satu hal yang menjadi penentu keberhasilan dalam memulai sebuah bisnis. Dan tahukah anda, jika ada banyak para pengusaha yang memang sukses terlahir dari keluarga miskin dan sulit untuk dapat memperoleh kehidupan yang layak semasa kecil hingga mereka dewasa. Artinya, modal besar tentunya bukan menjadi satu-satunya penentu kesuksesan seorang pengusaha untuk sukses. Dalam artikel ini akan dibahas beberapa pengusaha dari tanah air, yang mampu memulai usaha mereka dari bawah. Hingga akhirnya mereka berhasil mencapai sebuah tangga kesuksesan.

1. Bob Sadino

Bob Sadino adalah salah satu pengusaha sukses di Indonesia.
Terlahir di Lampung, yaitu pada 9 Maret 1939, mendiang pengusaha dengan nama lengkap yaitu Bambang Mustari Sadino ini termasuk salah satu dari pengusaha sukses. Bob Sadino juga sempat mengalami jatuh-bangun sebelum pada akhirnya menorehkan kesuksesan yang besar. Setelah sekitar sembilan tahun ia menjadi pegawai, Bob memutuskan untuk berhenti dan kemudian banting setir menjadi seorang pengusaha. Usaha pertama yang dirintisnya adalah sebuah bisnis penyewaan mobil, dengan hanya bermodalkan sebuah mobil Mercedes yang saat itu ia supir sendiri.

Namun karena sebuah musibah menimpanya saat mengemudikan mobil yang disewakan tersebut, bisnisnya pun kemudian berhenti di tengah jalan. Tidak putus semangat sampai disitu, dirinya kemudian beralih profesi menjadi seorang tukang bangunan yang kemudian dibayar dengan bayaran upah harian. Pada saat ia menjadi seorang kuli tersebut, dirinya melihat adanya sebuah peluang bisnis yang lain, yaitu bisnis ternak ayam dan telur ayam negri. Dengan modal yang saat itu ia pinjam dari tetangganya, akhirnya Bob kemudian mulai menjalankan bisnis tersebut. Awalnya, Bob yang menawarkan sendiri dagangannya tersebut dari rumah ke rumah yang berada di wilayah sekitar tempat tinggalnya, terutama kepada para ekspatriat yang pada saat itu ada, di bilangan Kemang, Jakarta Selatan.

Bisnis telurnya tersebut yang kemudian berbuah manis dan kemudian ia mengembangkan sayap dengan menjual daging dan juga sayuran hidroponik. Berkat keuletannya, bisnis tersebut yang kemudian sukses dan ia pun mendirikan sebuah Kem-Chicks, supermarket ternama yang menjual berbagai macam dari produk peternakan dan juga produk pertanian. Meski sudah sukses, ia yang tetap tampil sangat sederhana dan kerap kali melayani sendiri para pelanggannya tersebut seperti keluarganya sendiri.

2. Susi Pudjiastuti

Perempuan kelahiran 1965 yang kemarin menjabat sebagai Menteri Kelautan dan Perikanan RI di bawah kabinet Presiden Jokowi. Dirinya adalah seorang pengusaha yang terkenal sangat tegas. Ia yang merintis bisnisnya sendiri di bidang perikanan dan kemudian maskapai penerbangannya sendiri dari nol. Setelah memilih untuk berhenti sekolah sebelum dirinya lulus SMA, ia yang kemudian memulai usahanya sebagai seorang pedagang pakaian dan bed cover. Setelah melihat sebuah potensi dari wilayah dari tempat tinggalnya, yaitu di wilayah Pangandaran, sebagai daerah penghasil ikan. Susi yang lantas memanfaatkannya sebagai sebuah peluang bisnis dan kemudian beralih ke usaha perikanan.

Dengan modal yang saat itu hanya Rp750 ribu hasil dari menjual perhiasannya, ia yang kemudian mulai membeli ikan dari tempat pelelangan dan kemudian memasarkannya ke sejumlah restoran seafood. Setelah sempat tersendat, bisnis Susi tersebut pada akhirnya berhasil menguasai bursa pelelangan ikan terbesar di Pangandaran. Bahkan dirinya merambah ke dalam bisnis ekspor ikan dan juga lobster. Bisnis maskapai penerbangannya yang juga berawal dari bisnis perikanan tersebut. Untuk mengatasi masalah pengiriman ikan yang saat itu lambat apabila hanya lewat darat atau laut. Susi yang kemudian membeli sebuah pesawat dari pinjaman bank untuk pengangkutan produk lautnya tersebut.

3. Reza Nurhilman

Bagi anda yang sebelumnya belum mengenal nama ini, mungkin anda lebih mengenal dengan keripik setan Maicih. Reza Nurhilman adalah seorang pemuda yang berada di belakang produk keripik singkong ekstra pedas yang populer tersebut. Reza Nurhilman yang memulai bisnis keripik singkongnya yaitu pada pertengahan tahun 2010 seorang diri pada saat ia berusia 23 tahun. Saat itu iya yang hanya menggunakan modal awal yaitu 15 juta rupiah. Untuk bisnisnya tersebut, ia menggandeng satu produsen dari keripik lokal di Bandung.

Reza yang mengawali bisnisnya miliknya dengan melakukan sebuah pemasaran yang saat itu sangat sederhana, yakni dengan melalui beberapa platform media sosial yaitu Twitter. Sebelum dirinya mengembangkan sayap dan membuka agen, dirinya yang menjual dagangan dengan menggunakan istilah Jendral. Agar nantinya ia mampu memasarkan produknya berkeliling atau nomaden.

Pemuda kelahiran Bandung 28 tahun yang lalu ini mengaku jika kunci kesuksesannya adalah cara berpikirnya yang out of the box. Yaitu dengan tidak membuka toko seperti kebanyakan penjual sehingga membuat produknya menjadi lebih eksklusif. Dimana biasanya melalui twitter, para jendral yang akan memberitahukan informasi lokasi dari penjualan mereka setiap harinya. Tentunya cara pemasan ini cukup unik dan juga terbukti berhasil mengangkat nama keripik Maicih di dunia maya. Baru setengah tahun saja, Reza Nurhilman yang sudah memiliki omset dari penjualan Maicih yaitu bisa mencapai Rp7 miliar untuk per bulan. Angka yang sangat fantastis, bukan?

4. Sunny Kamengmau

Anda pernah mendengar tentang sebuah tas tangan merek merek Robita? Tas Robita yang juga diketahui merupakan sebuah tas yang begitu populer di Jepang, bahkan tas tersebut kabarnya menjadi idaman oleh semua kalangan sosialita yang ada di negara sakura tersebut. Orang yang berada di balik ‘dapur’ dari tas merek Robita ini ternyata adalah Sunny Kamengmau, pemuda yang berasal dari Nusa Tenggara Timur (NTT). Siapa sangka jika pemuda yang tidak pernah lulus SMA tersebut akhirnya menjadi seorang pengusaha yang dapat menginspirasi banyak orang.

Sunny yang mengawali bisnisnya dengan sebuah modal nekat. Setelah meninggalkan kampung halamannya dan kemudian dirinya pergi ke Bali, ia bekerja sebagai seorang tukang sapu di sebuah hotel yang ada di Bali. Kemudian diangkat menjadi satpam karena dianggap memiliki kerja yang bagus. Selama itu, ia juga memanfaatkan waktunya untuk dapat belajar bahasa Inggris dan juga bahasa Jepang.

Gaji pertamanya kemudian ia sisihkan untuk membeli kamus dua bahasa asing tersebut dan kemudian ia mempelajarinya dengan sangat tekun. Keberuntungan mungkin memang sudah berada di pihaknya sejak awal dirinya dipekerjakan di hotel tersebut. Karena disana ia yang berkenalan dengan seorang pengusaha Jepang, yang kemudian memintanya untuk memasok beberapa tas kulit ke negaranya. Meski sempat terseok dalam usahanya namun ia yang sekarang ini sudah memiliki 100 orang karyawan.

Demikian itulah beberapa kisah dari pengusaha sukses yang memulai bisnis mereka dari nol. Beberapa di antaranya membangun bisnis mereka dari sebuah usaha walaupun tidak berjalan selalu mulus, namun para pengusaha tersebut tetap bertahan dan tekun. Semoga kisah-kisah di atas dapat menjadi inspirasi anda. Terimakasih.

Theme: Overlay by Kaira Extra Text
Cape Town, South Africa